1. Apa yang di maksud dengan perilaku konsumen?
konsumen adalah seseorang
yang memakai barang dan jasa demi kepentingan individu maupun orang lain.
sedangkan perilaku konsumen yaitu
faktor yang mempengaruhi seseorang konsumen untuk mencari, memilih, membeli,
mengevaluasi produk atau jasa yang di konsumsi oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan.
2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih
mendalam oleh sebuah perusahaan atau
industri?
Menurut
saya, sangatlah penting sebuah perusahaan harus mengkaji perilaku konsumen agar
sebuah perusahaan atau industri mengetahui seperti apa yang diinginkan oleh
konsumen sehingga suatu perusahaan atau industri yang memproduksinya dapat
mencapai target pemasaran, dan agar suatu perusahaan atau industri lebih baik
lagi dalam hal pelayana terhadap konsumen.
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam
analisa perilaku konsumen!
· Pendekatan Interpretif.
Yaitu
merupakan pendekatan yang menggali perilaku konsumen secara mendalam yang
dilakukan secara berdiskusi atau wawancara kepada konsumen untuk memahami
sebuah produk dan jasa serta apa yang
dirasakan dan dialami konsumen ketika
membeli dan menggunakannya.
·Pendekatan Tradisional.
Yaitu
merupakan pendekatan yang mendasari suatu teori dan metode ilmu psikologi
kognitif, sosial dari ilmu sosiologi. Yang bertujuan untuk menjelaskan perliku
dan pembuatan keputusan konsumen, yang dilakukan melalui survey untuk menguji
coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses
informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap
perilaku konsumen.
· Pendekatan Sains Marketing.
Yaitu
merupakan Pendekatan yang mendasari pada suatu teori dan metode dari Ilmu
Ekonomi dan Statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan
menguji coba model Matematika.
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
·
Faktor sosial
Yaitu
contohnya keluarga, teman, tetangga, organisasi, memberikan pengaruh yang besar
dalam perilaku konsumen.
·
Faktor personal
Yaitu
contohnya situasi ekonomi yang mengharuskan seseorang dalam memilih produk dan
pembelian pada suatu produk tertentu.
·
Faktor psikologi
Yaitu
contohnya motivasi yang mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.
5.
Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Dalam
menyikapi masalah perilaku konsumen yaitu dari segi produsen yang menghasilkan
atau memproduksi barang/jasa haruslah lebih peka terhadap keluhan konsumen
sehingga dapat memuaskan konsumen.