Jumat, 26 April 2013

KONSUMEN


1. Apa yang di maksud dengan perilaku konsumen?
   konsumen adalah seseorang yang memakai barang dan jasa demi kepentingan individu maupun orang lain. sedangkan perilaku konsumen yaitu faktor yang mempengaruhi seseorang konsumen untuk mencari, memilih, membeli, mengevaluasi produk atau jasa yang di konsumsi oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan.


2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau
   industri?
Menurut saya, sangatlah penting sebuah perusahaan harus mengkaji perilaku konsumen agar sebuah perusahaan atau industri mengetahui seperti apa yang diinginkan oleh konsumen sehingga suatu perusahaan atau industri yang memproduksinya dapat mencapai target pemasaran, dan agar suatu perusahaan atau industri lebih baik lagi dalam hal pelayana terhadap konsumen.

3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen!
· Pendekatan Interpretif.
Yaitu merupakan pendekatan yang menggali perilaku konsumen secara mendalam yang dilakukan secara berdiskusi atau wawancara kepada konsumen untuk memahami sebuah produk dan jasa serta apa yang
dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
·Pendekatan Tradisional.
Yaitu merupakan pendekatan yang mendasari suatu teori dan metode ilmu psikologi kognitif, sosial dari ilmu sosiologi. Yang bertujuan untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen, yang dilakukan melalui survey untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
· Pendekatan Sains Marketing.
Yaitu merupakan Pendekatan yang mendasari pada suatu teori dan metode dari Ilmu Ekonomi dan Statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model Matematika.

4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
·         Faktor sosial
Yaitu contohnya keluarga, teman, tetangga, organisasi, memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku konsumen.
·         Faktor personal
Yaitu contohnya situasi ekonomi yang mengharuskan seseorang dalam memilih produk dan pembelian pada suatu produk tertentu.
·         Faktor psikologi
Yaitu contohnya motivasi yang mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.

5.  Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Dalam menyikapi masalah perilaku konsumen yaitu dari segi produsen yang menghasilkan atau memproduksi barang/jasa haruslah lebih peka terhadap keluhan konsumen sehingga dapat memuaskan konsumen.