Rabu, 25 April 2012

Manusia dan Keindahan


·       Keindahan
Adalah sesuatu yang mendatangkan rasa menyenangkan bagi yang melihat. Standar keindahan selalu berkembang, berdasarkan apa yang dianggap suatu budaya tertentu sebagai berharga. Lukisan sejarah memperlihatkan berbagai standar yang berbeda untuk keelokan manusia. Namun manusia yang relatif muda, dengan kulit halus, tubuh proporsional, dan fitur biasa, secara tradisional dianggap paling elok sepanjang sejarah. Menurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kaang dicampuradukkan saja. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni
  1. keindahan dalam arti luas
  2. keindahan dalam arti estetis murni
  3. keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang diserapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.

·       Hubungan manusia dan keindahan
Manusia dan keindahan kaitannya cukup erat dan tak dapat dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian yang dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian.  Keindahan sendiri identik dengan kebenaran karena keindahan merupakan kebenaran.
Keindahan pada dasarnya adalah alamiah. Keindahan mempunyai daya tarik tersendiri tergantung orang yang melihatnya. Orang yang mempunyai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi. Jadi keindahan itu mempunyai arti luas baik hubungan manusia dengan benda, manusia dengan manusia, maupun manusia dengan TUHAN.
Keindahan sendiri memiliki berbagai pengertian yaitu keindahan yang menunujuk seseorang yang terlihat cantik , suatu benda yang terlihat dan keindahan alam namun dari ketiga itu sering dicampurkan adukan.