Kamis, 12 April 2012

Ilmu Budaya dasar dalam Kesusastraan

    1.   Ilmu budaya dasar
Adalah  pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Budaya dan manusia itu kaitannya cukup erat dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. Budaya tercipta dari kegiatan sehari-hari dan juga dari kejadian-kejadian yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa.
2.   Kesusatraan
Sastra yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
Yang agak bias adalah pemakaian istilah sastra dan sastrawi. Segmentasi sastra lebih mengacu sesuai defenisinya sebagai sekedar teks. Sedang sastrawi lebih mengarah pada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah salah satu contohnya, diartikan sebagai orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra.
Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Di sini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu. Sastra di bagi menjadi sastra lama dan sastra modern.
Perbedaan sastra lama dengan sastra modern
Dapat dilihat dari ciri-cirinya sebagai berikut:
·         Sastra lama tidak memiliki pengarang/anonim
·         Sastra lama Menggunakan bahasa melayu klasik sedangkan sastra modern menggunakan bahasa baku, atau bahasa yang di mengerti oleh kita.
·         Sastra lama kalimat yang digunakan tidak efektif sedangkan sastra modern kalimat yang digunakan efektif.
·         Sastra lama banyak menggunakan kata penghubung terutama alkisah dan maka.
·         Sastra lama bersifat istana sentris.  
Hubungan ilmu budaya dasar dengan prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.prosa juga dibagi dalam dua bagian,yaitu prosa lama dan prosa baru,prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat,dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.

Jenis-jenis prosa:
Prosa biasanya dibagi menjadi empat jenis:
  • Prosa naratif
  • Prosa deskriptif
  • Prosa eksposisi
  • Prosa argumentative
Bentuk-bentuk prosa:
Bentuk prosa baru itu seperti roman, novel, cerpen, riwayat.
1.      Roman adalah prosa yang mengisahkan kehidupan pelaku utamanya dengan segala suka dukanya.
2.      Novel adalah prosa yang melukiskan sebagian kehidupan pelaku utamanya yang terpenting, paling menarik, dan yang mengandung konflik.
3.      Cerpen adalah prosa yang menceritakan sebagian kecil kehidupan pelaku utama.
4.      Riwayat adalah prosa  yang berisi pengalaman-pengalaman hidup pengarang sendiri (otobiografi) atau bisa juga pengalaman hidup orang lain sejak kecil hingga dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia.
Bentuk prosa lama:
1.      Dongeng adalah cerita khayalan tapi berisi ajaran hidup.
2.      Epos adalah dongeng yang mencertikan tentang kepahlawanan.
3.      Hikayat adalah salah satu bentuk prosa lama yang isinya berupa cerita, dongeng, kisah.
4.      Sejarah adalah mempelajari segala peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Jadi sastra itu mempunyai peranan yang sangat penting bagi budaya karena sastra menggunakan bahasa yang mampu menampung semua kegiatan manusia. Manusia dan bahasa itu adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Sastra juga mempermudah komunikasi karena budaya juga butuh yang namanya bahasa atau komunikasi antara sesama manusia, karena tanpa ada komunikasi budaya itu tidak akan ter-realisasi.




Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sastra, http://id.wikipedia.org/wiki/Prosa