Jumat, 26 April 2013

BIAYA


1.      Apa yang dimaksud dengan biaya? Dan sebutkan macam-macam biaya! 
Biaya adalah nilai yang kita keluarkan untuk membeli kebutuhan kita sehari-hari. 
Macam-macam biaya: 
-          Biaya Pabrikasi dibagi menjadi 2 yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. 
-          Biaya Non-pabrikasi dibagi menjadi 2 yaitu biaya pemasaran dan biaya administrasi. 
-          Departemen dibagi menjadi 2 yaitu Common Cost dan Joint Cost. 
-          Volume Produksi dibagi menjadi 2 yaitu biaya tetap dan biaya variabel.


2.      Jelaskan kurva biaya? 
Kurva biaya menurut saya adalah suatu gambar atau grafik biaya yang sudah kita keluarkan apakah mengalami keuntungan atau kerugian. kurva biaya juga sebagai acuan untuk mengetahui sebagaimana laba atau rugi yang kita peroleh.


3. Jelaskan mengapa konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan? 
Karena sebuah perusahaan atau industri yang menghasilkan barang, dalam dalam memberikan pelayanan kepada konsumen haruslah memahami penggunanya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna, karena jika konsep biaya itu tidak sesuai dengan apa yang direncanakan maka perusahaan akan mengalami kerugian atau bangkrut.

4.      Jelaskan bagaimana tindakan perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi perusahaan ingin tetap ada dipasar, konsep seperti apa yang perlu diterapkan perusahaan tersebut? 
Menurut saya, jika suatu perusahaan ingin tetap ada di pasaran walaupun tingkat penjualan nya rendah yaitu manajemen, mutu nya harus di perbaiki serta menggunakan konsep pemasaran, jadi saat tingkat penjualan suatu perusahaan rendah sebaiknya perusahaan melakukan pemasaran dengan lebih baik dan lebih bagus kualitasnya.

5.      Coba anda buat pengkategorian biaya!!! 
Pengkategorian biaya: 
-          Biaya penjualan 
biaya gaji dan Komisi Penjualan, Biaya Advertensi,  Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko,  Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan, Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan, Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan. 
-          Biaya Administrasi dan Umum  
Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor, Biaya bahan pembantu untuk kantor, Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor, Biaya Telepon, air, listrik, parkir.

PRODUSEN

1.      Apa pengertian produsen? Dan sebutkan pengkategorian produsen! 
Produsen adalah orang yang menghasilkan atau memproduksi barang dan jasa untuk di jual dan di pasarkan. Pengkategorian produsen:
  • Produsen
  • Distributor
  • Agen
  •  Pengecer
  • Pengguna

2.      Apa yang dimaksud dengan perilaku produsen? 
Perilaku produsen adalah suatu kegiatan pengatur produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan di terima oleh masyarakat atau konsumen.

3.      Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi?·         Sebagai proses pengolahan yaitu suatu metode untuk mengolah masukan. 
·         Jasa-jasa penunjang, yaitu sarana untuk pengorganisasian yang perlu sebagai penetapan teknik dan metode yang akan dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. 
·         Perencanaan, yaitu penetapan pengorganisasian dari kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
·         Pengendalian, yaitu fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan pada kenyataannya dapat dilaksanakan.

4.      Apa yang dimaksud dengan Least Cost Combination? 
      Least Cost Combination yaitu penentuan kombinasi input yang memerlukan biaya rendah jika jumlah produksi dihasilkan telah ditentukan.


5.      Bagaimana cara mengoptimalkan produksi? 
Dengan cara biaya yang digunakan sebagai keuntungan potensial, serta melihat kondisi secara langsung ke lapangan.

KONSEP ELASTISITAS



1.   Apa yang dimaksud dengan elastisitas?

Elastisitas adalah perbandingan perubahan suatu harga dengan mengukur seberapa besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga tersebut.

2.  Mengapa elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?
Karena untuk sebagai acuan bagi perusahaan atau industri untuk mengetahui atau memantau perubahan harga dengan baik, bagaimana reaksi konsumen terhadap perubahan harga tersebut.

3. Jelaskan konsep elastisitas harga permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan!
·         Elastisitas Permintaan.
Yaitu suatu perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang diminta terhadap perubahan harga barang.
·         Elastisitas Penawaran
Yaitu suatu perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang ditawarkan atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang ditawarkan terhadap perubahan harga barang.
·         Elastisitas Silang
yaitu suatu elastisitas mengukur derajat kepekaan perubahan jumlah barang, akibat perubahaan harga barang lain.
·         Elastisitas Pendapatan
Yaitu perubahan pendapatan konsumen yang berpengaruh terhadap permintaan barang, dalam perubahannya mempengaruh dari besarnya produk tersebut.

4.  Faktor apa yang menentukan tingkat elastisitas?
-          Jenis barang dan pola preferensi konsumen.
-          Tersedia atau tidaknya barang pengganti.
-          Jumlah pengguna atau tingkat kebutuhan dari barang tersebut.
-          Tahan lamanya suatu barang.

5. Bagaimana menurut anda tentang konsep elastisitas?
Menurut saya, konsep elastisitas sangatlah penting bagi suatu perusahaan atau industri karena sebagai tolak ukur seberapa besar konsumen terhadap perubahan harga, apakah harga yang diberikan mencukupi para konsumen atau tidak.

KONSUMEN


1. Apa yang di maksud dengan perilaku konsumen?
   konsumen adalah seseorang yang memakai barang dan jasa demi kepentingan individu maupun orang lain. sedangkan perilaku konsumen yaitu faktor yang mempengaruhi seseorang konsumen untuk mencari, memilih, membeli, mengevaluasi produk atau jasa yang di konsumsi oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhan.


2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau
   industri?
Menurut saya, sangatlah penting sebuah perusahaan harus mengkaji perilaku konsumen agar sebuah perusahaan atau industri mengetahui seperti apa yang diinginkan oleh konsumen sehingga suatu perusahaan atau industri yang memproduksinya dapat mencapai target pemasaran, dan agar suatu perusahaan atau industri lebih baik lagi dalam hal pelayana terhadap konsumen.

3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen!
· Pendekatan Interpretif.
Yaitu merupakan pendekatan yang menggali perilaku konsumen secara mendalam yang dilakukan secara berdiskusi atau wawancara kepada konsumen untuk memahami sebuah produk dan jasa serta apa yang
dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
·Pendekatan Tradisional.
Yaitu merupakan pendekatan yang mendasari suatu teori dan metode ilmu psikologi kognitif, sosial dari ilmu sosiologi. Yang bertujuan untuk menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen, yang dilakukan melalui survey untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
· Pendekatan Sains Marketing.
Yaitu merupakan Pendekatan yang mendasari pada suatu teori dan metode dari Ilmu Ekonomi dan Statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model Matematika.

4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?
·         Faktor sosial
Yaitu contohnya keluarga, teman, tetangga, organisasi, memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku konsumen.
·         Faktor personal
Yaitu contohnya situasi ekonomi yang mengharuskan seseorang dalam memilih produk dan pembelian pada suatu produk tertentu.
·         Faktor psikologi
Yaitu contohnya motivasi yang mendorong seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.

5.  Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
Dalam menyikapi masalah perilaku konsumen yaitu dari segi produsen yang menghasilkan atau memproduksi barang/jasa haruslah lebih peka terhadap keluhan konsumen sehingga dapat memuaskan konsumen.